Gluten Free Almond Loaf

1461853272439

ow ow ow ow
L.O.V.E this cake

sebenernya dapet resep ini akibat BORING di airport, nunggu boarding
seperti biasa bad habbit terjadi
browsing-browsing gak jelas
dan ketemu lah resep ini
http://iamafoodblog.com/flourless-pistachio-almond-loaf/
Gluten Free
Bahan ada semua di rumah , kecuali lemon zest – jadi deh di skip
Kalo di baca-baca kok kesannya ringan kuenya – well like most of GF cake.

Jadilah semalam saya bikin kue ini
Prosesnya biasa saja, ada beberapa yang saya rubah dikit seperti:

*Pengocokan butter dan gula yang cukup lama di resep – 10 sampai dengan 12 menit, saya cut dengan hanya mengocok sampai 7 menit saja setelah saya dapatkan hasil yang creamy dan pucat serta mengembang
*Setelah memasukan telur , saya mixer sekitar 2 menit instead of 4 mins seperti yang ada di resep asal.
*Pemanggangan, di oven kecil saya cukup dengan 150C selama 50 menit.

Hasilnya….
my OH my
saya dapatkan cake yang ringan namun tidak airy, cake yang buttery dan bikin nagihhhhh…
Pemanggangan yang lama menghasilkan bagian luar kue ini menjadi brownish and a little bit carmelized, so yummzzz

1461897878079

ok, enough to say,
berikut resepnya sesuai dengan cara saya kemarin,

:::Gluten Free Almond Loaf:::
Source: iamfoodblog
@emmarumawas@MakiaOpenTable@

Bahan:
75gr unsalted butter, suhu ruang
80gr gula pasir – saya blender sebentar, sehingga agak halus,
1/2sdt lime zest – saya tidak punya, jadi saya skip
1sdt vanilla
2bh telur
90gr ground almonds
65gr ground pistachios – ini saya ganti dengan ground almond juga

Cara:
*Panaskan Oven 150C.
*Olesi loyang ukuran 5cm x 20cm dengan butter dan alasi dengan kertas baking di dasar loyang
*Mixer dengan kecepatan tinggi selama 7 menit – butter, gula, vanila – sampai berwarna pucat dan creamy.
*Masukan telur satu persatu, mixer rata setiap memasukan telur. Setelah itu mixer adonan sekitar 2 menit.
*Masukan Ground Almond sedikit demi sedikit dan aduk balik dengan spatula sampai tercampur rata
*Masukan adonan kedalam loyang, ratakan dengan spatula.
*Panggang selama 50 menit di oven kecil saya. Tes tusuk
*Bila sudah matang, keluarkan dari oven dan diamkan sampai dingin didalam loyang.
*Keluarkan dari loyang bila sudah dingin/hangat.
*Potong ketika sudah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil potongan yang bagus.
*Taburi dengan gula halus bila suka.

enjoy….

