Obsesi Rendang

Rendang Ayam 2

Rendang Ayam

#ObsesiRendang

Saya bukan orang yang suka berlama-lama di dapur sebenernya, setiap hari kerja rasanya kalau bisa tidak masuk dapur mending leyeh-leyeh terus kalo ke meja makan tau-tau ada makanan udah siap aja…
yaaa tapi cuma sebatas impian siang bolong sih…

pada hari kerja, kalau pagi saya tidak sempat masak, atau karena terlalu heboh jadinya cuma mateng 1 jenis masakan, biasanya Dewi (mbak-nya Kia) yang nambahin lauknya, atau seringnya mama saya yang urun masak.
Lain cerita kalo hari Sabtu, entah kenapa saya semangat banget masuk dapur, masak or baking…Mama dan Dewi seneng banget tuh kalo udah mau weekend, pada hari Jumat setiap jam 14.00 or 15.00 Handphone saya selalu bunyi, Message dari Mama or Dewi cuma sekedar nanya..
“Besok mau rencana masak apa? ada yang mau di pesen di tukang sayur? ” hehehehehe

rendang daging

Rendang Daging

nah, sebelum lebaran lalu, saya terobsesi bikin rendang padang…pagi bangun obrak-obrak suami buat belanja kepasar…with NO LUCK, dia tetep aja molor…
pergilah ke kamar adik saya laki-laki saya…untung dia mau disuruh belanja ke pasar..hehehehe…

 

Setelah semua bahan siap…cusss bikin rendang..
gambar dibawah ini adalah rendang padang ayam dan rendang padang daging
resep yang digunakan sama, seperti yang saya posting beberapa waktu lalu..
Masih setia dengan resep Mbak Rini Rusli dari Group LangsungEnak yang OK banget.

rendang ayam

Rendang Ayam

Khusus untuk rendang ayam, dikarenakan daging ayam mudah matang, maka berikut adalah hal yang harus diperhatikan
* Saya memakai fillet dada ayam, potong adak besar sekitar 4x4cm
* Sisihkan kulitnya
* Sesuai dengan resep, rebus santan kental dengan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, sereh ..aduk terus dengan api sedang sampai santan mendidih baru berhenti mengaduk – hal ini dilakukan supaya santan tidak pecah. Setelah mendidih aduk sesekali, aduk sampai dasar wajan, jangan sampai bumbu mengendap dan gosong.
* Tunggu sampai santan berkurang 1/3 nya baru masukan daging ayam, diamkan sampai air ayam keluar dan lalu aduk sesekali.
* Setelah daging ayam berubah menjadi putih/tidak tranparan lagi, keluarkan daging ayamnya, letakan di wadah dan sisihkan.
* Teruskan memasak santan sampai menjadi kalio
* Baru kemudian masukan kembali daging ayamnya, masak sampai kering sesuai keinginan. Dalam proses ini tetap aduk sesekali sampai dasar wajan , jangan terlalu napsu dalam mengaduknya, supaya daging ayam tidak hancur…

so here they are…
enjoy the view….

Advertisements