Moscovis / Lapis Legit

Moscovis 2

Hola…
Udah lumayan lama ya gak posting ..heheheh….
well disebabkan karena koneksi internet di rumah yang lambatnya amit-amit…
kalau di kantor, adaa aja yang menyita waktu “senggang” dan lagi dikejar-kejar deadline yang gak kelar-kelar…
jadilah rada terbengkalai, jarang posting…

baiklah…next…

Moscovis atau lapis legit adalah salah satu makanan mewah dan mahal (menurut pendapat saya)
untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan resep jadul atau seperti yang di jual di gerai-gerai bakery ternama, kita harus memakai bahan premium dan telur yang banyak
Beberapa kali sudah sempat coba untuk pakai resep lain, dari yang irit telur – 12 bh sampai yang telurnya 20 bh…walaupun enak..tapi belum bisa sampai pada rasa yang bikin speechless untuk 10 detik setelah gigitan pertama …hihihihi

Moscovis

Mentok waktu itu bikin dengan resep 20 telur, dan cukup puas…so i stop there…
BUT…as always mba Upiek dari group LangsungEnak sukses bikin penasaran dan gak bisa tidur gara-gara dia nekat bikin Lapis Legit resep Ny. Liem ini , dengan 40bh kuning telur….foto dan testi-nya bukan main bikin saya penasaran…

Jadilah Sabtu kemaren saya bikin kue ini…
Saya bikin 1/2 resep di loyang 10x20cm…
Semua bahan dan cara saya ikuti dengan sama persis, tidak ada yang saya rubah satupun (kecuali takaran bahan saya konversikan menjadi 1/2 dari resep dibawah, karena saya bikin di loyang 10x20x7cm)
Di resep asal, menggunakan buah purnes, karena tidak tersedianya bahan maka saya ganti dengan sukade, raisin dan di bagian paling atas saya beri taburan almond…oleh karena itu saya golongkan ini sebagai Moscovis

Hasilnya….
bikin speechless untuk 10 detik setelah gigitan pertama….
Moscovis / Lapis Legit
@emmarumawas@

Bahan A :
40 kuning telur
350 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla

Bahan B :
400 gr butter
300 gr margarin
4 sdm susu kental manis
1sdt bumbu spekoek (aku skip)
pewarna kuning telur (aku skip)

Bahan C :
70 gr tepung terigu protein rendah
20 gr susu bubuk

Bahan D :
sukade dan kismis secukupnya

Cara Membuat :
– Panaskan oven 170’C. Siapkan loyang 20x20x7 cm, oles margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
– Bahan B : kocok butter dan margarin hingga mengembang dan putih. Tambahkan susu kental manis, kocok hingga rata. Sisihkan.
– Bahan A : Kocok semua bahan hingga kental. Masukkan bahan B, kocok hingga tercampur rata.
– Masukkan bahan C dengan cara diayak sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.
– Tuang 4 sdm adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang dengan api bawah selama 10 menit hingga matang dan kecoklatan Angkat, matikan api bawah dan nyalakan api atas.
– Tekan-tekan adonan dengan alat penekan lapis legit, tuang kembali adonan. Ratakan dan panggang hingga kecoklatan.
– Ulangi langkah di atas. Beri buah prunes setiap 4 lapis dan lakukan hingga adonan habis.
– Matikan api atas dan nyalakan kembali api bawah. Panggang kembali selama kurang lebih 15 menit hingga benar-benar matang. Tutup bagian atas dengan alumunium foil agar permukaan atas tidak gosong.
– Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.

