PopOvers

Edisi Penasaran Banget

Resep Kue Lumpur ini sudah tersohor banget…
Kue Lumpur Sidoarjo by Mbak Juni Puspita Fisilia
dibawah bendera Enaque…Kue Lumpur ini rasanya benar-benar sensasional, klenyer membelai lisah, lembut…hmmmm pokoknya juara
Rasanya Kue Lumpur punya mba Juni ini lebih enak ketimbang toko penjual Kue Lumpur yang tersohor di Sidoarjo..(sumpah…ini jujur, tanpa modus)

popovers 1

karena pembuatannya yang memerlukan loyang khusus, diatas api…bagian atasnya pada tutupnya diberi arang sehingga memberikan efek gosong dibagian atasnya…., dannn saya tidak punya…
tapi karena penasaran banget gimana bentuknya kalau di oven dan di panggang menggunakan loyang muffin, akhirnya saya coba juga…

Adonan saya buat sesuai resep….
untuk pemanggangan, pertama oven saya panasi dulu, kemudian baru cetakan muffin yang sudah di olesi minyak saya masukan kedalam oven, sampai panas…
baru kemudian adonan saya tuang di cetakan muffin…akan terdengar bunyi cesssss ketika adonan di tuang..
segera masukan lagi kedalam oven….
panggang dengan api atas bawah di suhu 160C selama 40 menit

dannnn hasilnya jauhhh dari bentuk aslinya ….
tekstur juga tidak klenyer…

tapi rasanya enak, lembut juga..kalau di lihat mirip portuguese milk taart atau seperti american popovers hanya lebih lembut

Pada saat dipanggang kue akan menggelembung, popping up dari cetakan persis seperti pop overs, tapi setelah keluar dari oven kue akan mengempis..

popovers 2

Sooo karena hasilnya tidak seperti yang aslinya…oleh karena itu saya sebut saja PopOvers ,,,bukan kue lumpur..heheheh
berarti sudah lah kalau pengen kue lumpur sidoarjo ya beli ajah di mba Juni….

berikut resepnya ya…

PopOvers
::resep asli kue lumpur sidoarjo by Juni Puspita Fisilia

Bahan:
75gr Tepung Terigu
75 gr Tepung Beras
175gr gula pasir
250gr telur – kocok lepas
1.125ml santan kental matang
garam secukupnya..sekitar 1/2sdt
vanili bubuk…saya pakai L’arome

cara:
*campur tepung terigu, tepung beras, gulam santan, garam, vanili bubuk – aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil dan lembut
*masukan telor kocok, aduk rata
*masukan ke loyang muffin yang sudah di olesi minyak dan di panaskan di oven sehingga loyang panas, adonan saat tuang ke cetakan akan berbunyi cesss keras
*panggang selama 40 menit, di suhu 160C
*setelah matang keluarkan dari oven dan tunggu sekitar 10 menit, baru keluarkan dari loyang.
siap di santap…

