Bakso (Meatballs)

Tantangan bikin bakso dari papa dan adik saya
bikin bakso apa aja tapi harus yang kenyal..jangan yang lembek
hehehe…

saya pernah sih bikin bakso, tapi kok ya selama ini belum pernah sesuai dengan selera…entah kenapa…beberapa kali Trial dan Eror dengan berbagai macam resep dan belum ketemu tekstur yang pas…bikin saya rada males

tapi karena sudah beberapa kali di tagih, akhirnya saya memberanikan diri bikin lagi…
ribet browsing sana sini dan kursus kilat sama suhunya mba Lilies Indrawati dari Group Langsungenak….daaannn saudara-saudara….saya akhirnya lulus ujian, bisa bikin bakso kenyal…

Bakso Sapi

walaupun dalam perjalanannya ada kecelakan kecil, blender saya mogok..wkwkwk (next time dibagi 2 batch ya …ingat!! ingat!!!), tapi hasilnya memuaskan…

Resep dibawah ini adalah resep dengan menggunakan daging dari supermarket, daging cincang supermarket tepatnya, beli siang hari dan di taruh di kulkas…dan di eksekusi pada malam hari saat saya pulang dari kantor…

Next time saya mau coba membuat dari daging giling segar yang di giling di tukang daging…konon katanya bakso yang dihasilkan teksturnya lebih baik…
But for now..i’m satisfied and super happy

Berikut resepnya yahhh

Bakso (meatballs)
@emmarumawas@

Bahan:
200gr Daging sapi cincang
100gr daging ayam cincang
4bh bawang putih dan 5 bh bawang merah di iris tipis dan digoreng, lalu di ulek halus
1bh putih telur
masako
garam
gula
1/4sdt baking powder
1 gelas es serut
50gr tepung tapioka

Cara:
*rebus air di panci besar sampai mendidih sambil menyiapkan bahan-bahan lain
*blender daging cincang, ayam cincang, bawang putih, bawang merah, masako, garam, gula, baking powder, dan es sampai berbentuk pasta yang halus..kemudian masukan kedalam wadah
*dengan mixer tongkat spiral, tambahkan tapioka secara bertahap sampai tercampur rata semua
*kecilkan api air rebusan yang sudah mendidih, sehingga air tidak bergejolak
*bentuk adonan dengan dua sendok, menjadi bundar lalu masukan ke air rebusan…lakukan sampai adonan habis…saya tadi dapat sekitar 50 bakso ukuran sedang
*setelah adonan habis, besarkan api dan rebus bakso sampai matang
*tiriskan dan dinginkan bakso
*bisa ;angsung di makan, atau bila ada sisa bisa di simpan di freezer..bisa bertahan selama 1 bulan

Kuah:
*didihkan air, masukan tulang atau daging potong kecil-kecil ..rebus sehingga menjadi kaldu.
*tumis irisan halus bawang putih dan bawang merah…setelah kecoklatan, angkat dan ulek halus…
*masukan bawang merah dan bawah putih goreng ya ng telah di ulek kedalam kaldu, beri garam, gula sesuai selera

