Apple Pie

apple pie 1

*IMissMyOven

Masih dalam edisi rindu berat sama oven
Punya apel merah dan fuji banyak banget di rumah…dikasih sama tetangga depan
Dari kemarin di udah dibikin salad buah…juice…tapi masih aja belum habis
Akhirnya bikin Pie deh…

Bikin pake resep Apple Pie andalan…karena dengan sistem ini apel asem pun bisa jadi manis hehehe…jadi bisa pake apel apa aja untuk isiannya…
Untuk Pie Crust masih tetap memakai resep buttermilk pie crust andalan..tanpa telur..tapi retap yummy , teksturnya tidak rapuh tapi juga tidak keras…pas deh buat selera saya

aple pie 2

Berikut resepnya ya…

***Apple Pie***
》》Buttermilk Pie Crust
(Satu resep bisa untuk 1buah pie diameter 18cm)
200gr margarin …bekukan..potong kotak kotak..saya pakai filma
280gr terigu
1sdm gula
Campurkan semua bahan dengan menggunakan garpu..sampai berbentuk butir butir..
Lalu masukan
100ml buttermilk dingin(100ml susu cair +1sdm cuka ..aduk rata…lalu dinginkan di freezer 15 menit)
Aduk sampai berbentuk dough..bungkus dengan plastik clingwrap dan masukan ke kulkas minimal 1jam…max 3hari

》》Isi
500gr apel apa aja ..kupas..bagi 4..bersihkan tengahnya lalu iris tipis
50gr gula pasir
50gr gula palem / brown sugar
1sdt cinnamon powder
1/4 sdt garam
1sdm cuka masak
2sdm maizena
2sdm butter
Cara membuat:
*di wadah campur apel..gula pasir..gula palem..cinnamon..garam..cuka..aduk rata dan diamkan selama 30 menit …maks 3jam
*setelah didiamkan..tiriskan apel…tampung airnya di panci.
*campur apel dengan tepung maizena sampai rata..sisihkan
*Sauce: rebus airnya lalu masukan butter..rebus air sampai butter tercampur dan mendidih..jangan di aduk..cukup di goyang goyang saja pancinya…rebus sampai cairan berkurang sekitar 1/2 bagian dan agak kental.

Pembuatan Apple Pie:
*ambil adonan pie…biarkan di suhu ruang sampai dapat dibentuk
*bagi adonan..2/3 untuk bagian dasar…ratakan sampai menutupi cetakan pie..tusuk tusuk dengan garpu di berapa tempat
*giling 1/3 adonan menjadi agak tipis…sisihkan
*masukan apel kedalam loyang…beri sauce….
*tutup dengan adonan pie..rapikan sisinya…dengan pisau lukai adonan di beberapa tempat supaya uap pie bisa keluar saat di panggang
*olesi bagian atas pie dengan kuning telur lalu taburi dengan gula
*panggang selama 45menit 200C
*keluarkan dari oven dan diamkan di suhu ruang selama 30 menit..baru lepaskan dari loyang
*pie lebih enak dimakan sekitar 2jam kemudian…

Enjoy…..

Advertisements