40 Minutes Sweet Bun

 

#NightBake

Tergoda sama Roti 40 menit – nya mba Vita Citra…
Liat blognya mba Vita dan menemukan link resep aslinya di website www.thedomesticgoddesswannabe.com
Iseng saya coba resepnya, ada beberapa bagian yang saya ganti tapi tidak terlalu banyak beda…

40minbread 3 copy

Hasilnya, not bad lah…saya dapat roti empuk banget, serat halus dan lembut walaupun lebih rapat dari roti no knead yang biasa saya bikin
Percobaan pertama ini saya bikin 2 kali resep di bawah..satu bagian tanpa topping saya uleni dengan tangan selama 5 menit…satu bagian lagi saya gunakan mixer…
tidak ada bedanya menurut saya, hasil yang di dapat sama saja…

40minbread 1 copy
karena percobaan pertama , roti tidak saya beri isian..supaya bisa merasakan roti aslinya…
Satu resep di bawah dapat menghasilkan 8bh roti…

Berikut resepnya
***40 Minutes Sweet Bun***
@emmarumawas@

Bahan Roti:
140ml air hangat
40ml minyak goreng
1sdm ragi instant
25gr gula pasir
3/4sdt garam
1bh kuning telur
235gr tepung protein tinggi

Bahan Olesan:
1sdm mentega cair
1sdt madu
1sdt gula halus
>>>aduk rata
Cara:
*di wadah campur air hangat, minyak, gula pasir dan ragi instant..aduk rata dan diamkan selama 15menit sampai berbusa
*masukan terigu+garam yang sudah di ayak, lalu masukan kuning telur
*mixer dengan tongkat spiral selama 3menit
*baluri tangan dan alas dengan minyak, pindahkan adonan ke alas dan uleni 3-5 kali
>>>bila tidak punya/menggunakan mixer, uleni adonan selama 5 menit dengan tangan
*bagi adonan menjadi 8bh, bentuk adonan dan letakan di loyang yang sudah di olesi dengan mentega
*tutup loyang dengan kain dan diamkan selama 10-12 menit,
*panggang di suhu 220C selama 12 menit sampai bagian atas kecoklatan
*setelah matang, olesi segera bagian atas roti dengan bahan olesan

Happy Baking…

