Lapis Legit

lapis legit 2 copy

#AkibatBrowsing

Ngefile resep ke website http://www.langsungenak.com itu adalah berkah sekaligus bencana buat saya, but in a GOOD way…
Berkahnya adalah saya jadi tahu beragam resep, trik-trik jitu dari si empunya resep, nambah pengetahuan
Bencananya adalah saya jadi PENASARAN kalau pas ngefile resep yang OK, the BAD NEWS is saya orangnya anti penasaran…
sekali penasaran gak bakal bisa tidur…

Kemarin saya pas ngefile resep mba Vetrarini Leroy, dan jatuh hati lah saya dengan resep Lapis legit-nya
Irit telur, masuk di akal, dan saya pengennnn banget coba…

for your information, saya sudah penasaran untuk bikin lapis legit dari sekitar 5bln lalu…tapi belum dapat resep yang bener-bener mengena di hati…

well anyway, setelah dapat telpon dari empunya resep langsung dari Paris..(I love you mbaakk)…saya tetapkan hati untuk bikin kue ini…
dan baru saya rasakan kalau bikin Lapis Legit itu sesuatu bangettt…kudu sabar berlapis…
Tapi hasilnya sepadan ..kue lembut, enak, dan hmmmm…….

Berikut resepnya ya…saya beri catatan sesuai dengan yang saya lakukan tadi, ada beberapa perubahan pada prosesnya, but overall sama persis..

lapis legit 1 copy

***Lapis Legit***

*6 butir telur pisahkan kuning dan putih dalam wadah terpisah
>>>Dalam kuning telur beri
*65gr gula pasir
*1/2 sendok teh ovalet,

>>>Dalam putih telur beri
*60gr gula pasir
*sejumput garam
*1/2sdt cuka/creme de tar tar

*90ml Susu
*100gr Tepung terigu protein tinggi
*4 sendok makan minyak goreng
*1/2 sendok makan bubuk vanili ..saya pakai larome
*1/2 sdt bubuk spekuk
*Beberapa almonds cincang kasar
*Prunes untuk taburan atas
*Kismis dan sukade untuk taburan di layernya
*Mentega cair utk olesan secukupnya krn setiap kita menuang adonan cair kedalam loyang setiap 3 lapis adonan kita kuas dengan mentega cair..(saya olesi setiap lapisnya)

Caranya:
*ayak tepung, bumbu spekuk, bubuk vanili..sisihkan
*Mixer kuning telur, gula dan ovalet hingga berwarna pucat, beri tepung sedikit2 susu dan minyak berselang seling hingga habis
*Mixer putih telur dan gula sampai berbuih, lalu tambahkan cuka, kocok sampai kaku
*Campurkan adonan putih telur yg kaku kedalam adonan kuning telur sedikit demi sedikit aduk balik, sampai rata
*Siyapkan loyang 10x22cm alasi bawahnya dengan kertas roti oles mentega
*masukan adonan sebanyak 3 sendok sayur, ratakan adonan panggang menggunakan api atas 200 drajat selama 4 menit atau hingga berwarna kecoklatan…
keluarkan, tekan permukaan kue dengan alat penekan lapis legit dari stainless stellsehingga rata dan tipis, masukan adonan sebanyak 2 sendok sayur dan panggang lagi sampai kecoklatan atasnya
ulangi terus sampai adonan alpis ketiga…
*oleskan mentega cair diatas kue, baru tambahkan adonan lagi diatasnya ..
*kemudian setiap 2 lapis oles dengan mentega cair dan taburi kismis dan sukade lalu tuang adonan, panggang…demikian seterusnyahingga adonan habis ….
*pada lapisan paling atas tata prunes, tabur dengan almonds cacah panggang 10 menit api ganti atas dan bawah…keluarkan dari oven biarkan dingin…
*Potong2 siap dihidangkan……

selamat mencoba….

 

