Gateau Quatre Quart au Citron Almonds

Happy Monday…
Beberapa hari ini terbayang-bayang salah satu postingan dari Mba Vetrarini Leroy dari group Langsung Enak
“Gateau Quatre quart au citron almonds”
Setelah 2 hari keinget terus (heheh) akhirnya hari Minggu saya bikin deh untuk menghilangkan rasa penasaran saya…

Gateau Quatre quart au citron almonds

Karena baru percobaan pertama, saya ikuti resepnya plekk
Tetapi tanpa Almond (karena kelupaan saking nervousnya, dan tanpa citron ..ini saya ganti cuka masak merk dixie)
Hasilnya waktu keluar dari oven sempet bikin saya deg-deg-an, sampai saya japri mba ve..hehehe
Kue tidak mengembang dengan drastis….-menurut empunya resep itu normal
Tampilan kue keras, dan memang bagian luarnya keras..- menurut empunya resep Loyang harus dioles mentega agak banyak..(next time pasti saya olesi banyak mentega di loyangnya)

Gateau Quatre quart au citron almonds 1


20 menit kemudian setelah kue agak dingin saya potong…dan OMG….ini kue enak sekali…
Bagian luarnya memang agak keras dan kering…TAPIII…bagian dalamnya empuk dan rasanya enakkk…
Berasa kayak kue yang ada di gerai pastry ternama…

Berikut saya tulis ulang resepnya, dengan beberapa catatan saya..

“Gateau Quatre Quart au Citron Almonds”
Resep :
200 gram tepung terigu…saya pakai segitiga biru
200 gram gula pasir
100 gram mentega cair + 1 jeruk citron ( parut kulit jeruk citron campur dalam mentega dan peras air jeruknya masukan juga dalam cairan mentega) …jeruk saya ganti cuka masak merk dixie
3 telur
1 sachet fermipan (11gr)
Sedikit almonds cincang untuk taburan atasnya( resep asli polosan ini aku modifikasi sendiri untuk toping atasnya). >>>saya tidak pakai
Loyang panjang oles mentega merata >>> olesi yang banyak

Caranya:
1.masukan tepung,gula dan telur.
2.campur cairan mentega dalam wadah tepung lalu mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur semua dan kalis (samapai tercampur rata).
3.masukan fermipan dalam adonan mixer sebentar saja hingga adonan rata matikan mixer.
4.masukan dalam loyang adonan kemudian tabur atasnya dengan almonds cincang.
5.panggang 180 drajat selama 40 menit tusuk tengah kue dengan tusuk gigi jika tidak ada yang menempel tandanya kue sudah matang lalu DINGINKAN.
6.keluarkan dalam loyang dan gateau quatre quart siap dihidangkan
Gateau ini biasa dipakai untuk sarapan pagi celup dalam kopi atau minuman susu coklat

