Chicken Pie

 

Good Morning
Stuffed Pie adalah salah satu kesukaan keluarga saya…dann kesukaan kia
Kemarin saya bikin Chicken Pie untuk santapan papa dan mama di rumah
Untuk kia saya bikinkan vegetable pie ..isiannya hanya sayur saja

Resep double pie crustnya saya dapat dari maplespice.com….bisa dipakai untuk pie jenis apa saja…dan yang pasti eggless and dairy free
Bisa untuk Chicken Pie…Meat Pie …Apple Pie…Bluberry Pie…Pumpkin Pie..hhmmmmm…yummyy….

chicken pie

Berikut resepnya

***Chicken Pie***@emmarumawas@

Double Pie Crust
280gr terigu… saya pakai segitiga biru
1sdt garam
175gr mentega putih dingin..potong-potong dadu
4sdm air es
2sdt cuka
Campur terigu dan garam..masukan mentega putih..lalu campur dengan menggunakan garpu….sambil hancurkan menteganya…hasil akhirnya akan berbutir butir …
Masukan air dan cuka…campur dengan tangan sampai berbentuk dough…bulatkan…

》》untuk yang menggunakan loyang pie ukuran 22cm
bagi dua adonannya….bagian pertama lebih besar dari bagian kedua…
Bungkus dengan plastik clingwrap..masukan ke kulkas 30 menit minimal..saya sampai 2jam karena musti nidurin kia…

Keluarkan adonan …diamkan sebentar sampai bisa du pipihkan
Ambil adonan pertama yang lebih besar…lepas clingwrap…letakan di alas yang sudah diberi sedikit tepung / alas yang sudah dilapisi plastik…. lalu pipihkan menggunakan rolling pin…supaya tidak lengket rollingpin saya bungkus dengan plastik clingwrap…atau bisa juga tutup bagian atas adonan dengan plastik baru di pipihkan dengan rollingpin sampai setebal 0.5-0.7cm…demikian juga dengan adonan yang kedua
Setelah itu letakan adonan di loyang pie… rapihkan sampai adonan menutupi dasar dan dinding loyang….
Isi dengan isiannya lalu tutup dengan adonan satunya..rapikan pinggirnya supaya menyatu dan sayat bagian atas pie sedikit dengan pisau…supaya uap panas dapat keluar
Olesi bagian atas dengan kuning telur
Panggang selama 20-25menit 200c..sampai bagian atas kecoklatan

》》saya lebih suka menggunakan ramekin oval ukuran 10x22cm…karena pengolahan pie crustnya lebih gampang….dengan adonan diatas bisa mendapatkan 2loyang

Isian:
*Potong kecil kecil
Daging ayam
Buncis
Wortel
Jagung
Bawang bombay

*rebus dan hancurkan
4bh kentang..lalu dinginkan

Tumis bawang bombay dengan mentega…masukan sayuran…masukan ayam…masukan kentang…beri bumbu garam merica pala dan italian herbs/oregano..beri air..masak hingga matang dan air meresap
Isian siap digunakan

Bila vegetarian seperti kia…ayam bisa diganti dengan gluten atau kacang merah…sama enaknya…

Happy Baking….

