Eggless Chocolate Sponge Cake

eggless Chocolate Sponge Cake 2

#Kia’sMenu

Beberapa waktu lalu sepulang dari kantor, saya sempatkan bikin CupCake buat bekal kia sekolah besok pagi.

Sekalian saya coba resep yang baru di posting oleh mbak Lita Yuliningsih..

Tekstur kuenya OK banget, sehingga buat saya lebih cocok kalau disebut Eggles Sponge Cake…karena teksturnya yang Spongy dan sooo yummy…

Ada kecelakan terjadi waktu proses pemangangan, karena saya terlalu excited, sehingga di beberapa cup awal saya isi terlalu banyak,  sehinga  pada menit ke 5 proses pemanggangan adonan meluap tumpah, tapiiii meskipun tumpahannya yang di loyang itu tetap enak rasanya dan spongy…bener-bener anti gagal deh kuenya…

Berikut saya tulis resepnya dengan beberapa perubahan yang saya sesuaikan dengan kondisi kia yang Vegetarian.

 

***Eggless Chocolate Sponge Cake***@emmarumawas@

Bahan2 nya :

80 gram tepung terigu
25 gram Coklat bubuk ( saya pakai Van Houten)
1 sdm susu bubuk Full cream (saya skip karena Kia Alergi)
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt Soda kue
80 gram Gula pasir
1/4 sdt garam
150 ml susu cair dingin (saya pakai susu soya)
50 ml Minyak sayur kualitas baik (saya pakai minyak goreng)
1/2 sdm Pasta Coklat (saya Pakai DCC di cairkan)
1/2 sdm Air Jeruk Lemon (saya pakai cuka masak merk dixie)

Cara membuatnya :
*Campur semua Bahan kering menjadi satu.Aduk rata.
*Masukan susu cair dingin,Aduk dengan menggunakan whisker
*Masukan Minyak sayur & DCC cair,aduk hingga semua tercampur rata.
*Tuang kedalam loyang yang sudah diolesi Minyak..saya menggunakan Cup cupcake – isi sampai 2/3 bagian
*Panaskan oven sebelumnya dengan suhu 190C sekitar  7-10 menit pertama sampai kue agak naik…lalu turunkan menjadi 170C  panggang  sekitar 15 menit – sampai matang

*Lakukan Test tusuk untuk mengetahui kematangannya.
eggless Chocolate Sponge Cake 3
Note :
Kue ini cocok untuk dijadikan base cake, di resep asal milik Mbak Lita Yuliningsih, cake dihias dengan Swiss Maringue Butter Cream, tapi tidak saya pergunakan disini karena Kia tidak terlalu suka kue dengan butter cream.

