Chocolate Souffle

chocolate souffle 4

Mau cerita sedikit…

Hasil ngublek-ngublek website langsung enak, ketemu resep mba Cincha Sheehan judulnya Chocolate Souffle.
Kebayang-bayang selama 2 hari…tanda-tanda penasaran akut versi saya…kalau tidak di praktekan bakalan tidak bisa tidur…

Setelah tanya sedikit trik-trik ke empunya resep, maka saya bikin deh…
Percobaan pertama hari Sabtu kemaren..GAGAL saudara-saudara…hahaha, hasilnya souffle ambles, meluap kemana-mana…walaupun rasa nya tetap enak..sepertinya ovennya kepanasan dan waktu panggangnya kurang lama sehingga bagian atas sudah gosong, tapi dalamnya belom kokohchocolate souffle

Untung lah percobaan kedua hari ini lumayan sukses..suhu oven saya perkecil, ngisi adonan di ramekin hanya 2/3 saja dan waktu panggang di perpanjang jadi 25 menit…and heaven!!!

Resep asli milik mba CinCha Sheehan dari website langsung enak, ini dibawah saya tulis kembali dengan beberapa catatan ya…dari satu resep dibawah menghasilkan 9 bh soufflé di ramekin diameter 9cm.

***CHOCOLATE SOUFFLE***
@emmarumawas@

chocolate souffle 2

BAHAN :
*3 butir telur, pisahkan antara kuning dan putihnya
*100 gr gula pasir, bagi menjadi 2 (@50gr)
*Sedikit perasan jeruk nipis – saya pakai cuka merk dixie
*100 gr Dark Compound Chocolate – saya pakai collata, lelehkan
*Sedikit margarin untuk olesan ramekin

CARA MEMBUAT :
*Kocok putih telur sampai mulai timbul busa, masukkan gula (50gr) sedikit demi sedikit, masukkan air jeruk nipis/cuka. Kocok sampai kaku. Sisihkan.
*Kocok kuning telur dengan gula pasir (50gr) sampai warnanya berubah pucat dan kental serta gula larut. Masukkan DCC yg sudah dilelehkan, kocok rata.
*Masukkan adonan putih telur sedikit demi sedikit ke adonan kuning telur, aduk balik dengan spatula.
*Masukkan adonan ke dalam ramekin yang sudah dioles margarine – 2/3 saja.
*Oven dengan suhu 180 derajat celcius sekitar 20 menit/sampai atasnya kering (meringue)….untuk oven listrik kecil saya 160c selama 25 menit,
*Sajikan dingin/hangat.

chocolate souffle 3

