Ragi Alami dari Kismis

ragi alami dari kismis

Hanya mau sharing pengalaman saya dalam membuat RAGI ALAMI dari KISMIS untuk Kia.
Anak saya itu alergi ragi, jadi tidak bisa makan roti sama sekali. Semakin besar, semakin sering merengek minta roti seperti teman-temannya.

Sempet saya bikin beberapa kali percobaan Yeastless bread yang kebanyakan pakai baking soda, dan hasilnya tidak layak dimakan, tapi layak untuk nimpukin tikus lewat,,,keraaassss bangeeettt…

Setelah baca sana sini dan dapat ilmu dari teman saya semasa kuliah @nurdiatul faizah (thank you yah darling) yang memberikan resep dari Baker Sangji Ko, saya mulai mengumpulkan niat dan yang penting harus komitmen untuk mengikuti dan menyelesaikan proses ini sampai akhir, karena bila berhenti ditengah jalan sayang…banyak bahan yang terbuang sia-sia.

Sejak saat itu, ragi alami ini hampir selalu ada di kulkas saya, hasil rotinya juga tergolong empuk dan baunya harum buah…
Kia hanya saya perbolehkan makan roti dari ragi ini sehari 1 pcs, dan so far tidak ada tanda-tanda alergi yang keluar..i’m so thankfull…

berikut cara pembuatannya:

**Ragi Alami dari Kismis**

@emmarumawas@
Bahan-Bahan
Kismis 100gr
Air 250ml
1sdt gula
Campur semua di toples kaca yang sudah disiram air mendidih sebanyak 2x, atau bias juga direbus didalam air mendidih selama 5 menit
Kemudian tutup
Aduk sekali setiap hari, bila kismis sudah mulai mengambang hentikan pengadukan, saya hanya mengaduk di hari 1 secara perlahan..hari selanjutnya tidak saya aduk karena kismis sudah mengambang.
Diamkan 4-6hr
Bila kismis sudah mengambang semua dan ada endapan putih di bagian bawah toples
Artinya biang sudah dpt dipakai ke tahap selanjutnya
Kali ini punya saya butuh 4 hari

Mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya

RAGI ALAMI A (hr 1)
100gr cairan biang dr kismis diatas
100gr tepung protein tinggi
Campur di wadah beling diamkan di suhu ruang 18-24 jam sampai mengembang 2xlipat (saya 24 jam)
Kemudian kita masuk ketahap selanjutnya

RAGI ALAMI B (hr 2)
100gr RAGI ALAMI A
100ml air
100gr tepung protein tinggi
1/2 sdt garam
Campur di wadah beling diamkan di suhu ruang 12 jam sampai mengembang 2xlipat (saya 12 Jam)
Kemudian kita masuk ketahap selanjutnya
**catatan: teorinya RAGI ALAMI B sudah dapat digunakan untuk membuat roti, tapi saya pernah coba dulu dan ternyata butuh waktu proffing yang cukup lama sekitar 3.5jam..
Sejak itu saya selalu melanjutkan proses ke tahap selanjutnya yaitu RAGI ALAMI C

RAGI ALAMI C
100gr RAGI ALAMI B
100ml air
100gr tepung protein tinggi
1/2 sdt garam
Campur di wadah beling diamkan di suhu ruang 6-8 jam sampai mengembang 2xlipat (saya butuh hanya 6 jam)

RAGI ALAMI C ini lah yang digunakan untuk starter alami pada roti….

teorinya bisa disimpan di kulkas selama 7-10hr..dalam wadah beling tertutup. Tetapi saya bisa tahan sampai dengan 3 minggu, kondisi masih sangat baik, asal diletakan di bagian kulkas bawah paling dalam. bau ragi harum buah… selama tidak ada cairan berbau aneh di bagian atasnya maka ragi masih baik digunakan

