Italian Herbs Quick Bread

Italian Herbs Bread

Hello…..

semalam sebelum tidur habis bedoa, kia bisik-bisik..
“ma, tomorrow aku mau bawa bread ya kesekolah..gak usah diisi apa-apa”

duueeerrrrrrr…..karena kia tidak makan ragi, jadi permintaannya gak gampang juga..hehehe, aku bujuk bawa butter cake pandan eggless yang bikinnya lebih gampang, dia gak mau…tetep ngotot minta bread tanpa isi..hadehhh

liat kulkas dan ragi alami (dari kismis) andalan saya juga pas habis, belum sempat bikin lagi..(‪#‎mateng wissss)
jadi mulailah buka-buka primbon..
akhirnya saya ingat kalau dulu, client saya seorang chef italia salah satu hotel bintang lima di Surabaya pernah kasih resep italian herbs bread

berikut resepnya

***Italian Herbs Bread***

@emmarumawas@
*campurkan dalam wadah
280gr tepung protein tinggi (saya pakai cakra)
1sdt garam
1/2sdt baking soda
1/2sdt baking powder
1sdt gula
1/2sdt oregano / italian spices

*masukan
100ml susu
sampai mendapatkan komposisi yang tepat, dapat di pulung jadi satu

*kemudian masukan
2sdm olive oil
uleni sampai benar-benar kalis dan lembut..adonan yang kurang kalis dapat membuat roti menjadi keras

*setelah adonan benar-benar lembut dan kalis, masukan kedalam wadah dan tutup dengan kain basah sekitar 30 – 45 menit
kemudian bagi adonan menjadi 16 bulatan baluri dengan tepung sedikit dan pipihkan hingga tebalnya sekitar 0.5 – 0.7cm

*siapkan wajan teflon, panasi dengan api kecil sampai panas merata, masukan adonan roti yang telah di bentuk.. masak setiap bagian selama 15 menit, kemudian balik dan masak 15 menit juga. lalu angkat dan dinginkan samapai hangat..

lebih enak bila dalam keadaan hampir dingin dimasukan ke tupperw*re, roti akan lebih moist.
tekstur rotinya dapet sih, berongga, dan enak menurut saya…kalau enggak suka herbs, bisa juga di hilangkan, tapi kesan roti italianya akan hilang..
roti ini bisa di belah dua dan diberi selai strawberry and penut butter, atau bisa dibuat sebagai sandwich, diisi telur atau pastrami dengan mayonise and saus sambal

Roti sudah siap saat kia bangun tidur, matanya langsung berbinar-binar…
“mama, kok sudah matang? enggak tidur ya semalam?”
heheheh gitu katanya…langsung kia nyomot satu…

well, happy daughter makes a VERY happy mother..

