Vegan Parmesan

image

#kia’s menu
Beberapa waktu lalu, saya sekeluarga (saya, papanya kia, kia dan mbak dewi-susternya kia) makan di salah satu restaurant Italia.Disamping pesan Pizza (of course) dan Lasagna, saya pesan khusus Plain Spaghetti untuk kia kepada chef-nya dengan alas an alergi.

Waktu orderan Plain Spaghetti datang, ternyata porsi cukup besar, sama papanya dibagi dua : separuh untuk dia dan separuhnya untuk kia..

All went well until..eng ing eng #drumroll…
papanya menaburkan parmesan cheese diatas spaghetti-nya….
Kia yang tadinya makan dengan happy-nya tiba-tiba langsung minta hal yang sama untuk spaghettinya, spontan saya bilang kalau itu keju, dan kia tidak boleh makan keju karena alergi…Hehehe dan my perfect dinner is OVER…cemberut dan merengek lah putri kecil saya sepanjang dinner..or tepatnya sepanjang malam…sampai besok harinya dan besoknya..

Singkat cerita, setelah 1 bulan berlalu, anak saya itu masih ribut minta makan Spaghetti dengan taburan parmesan cheese…

Browsing sana, browsing sini, akhirnya saya menemukan resep Vegan Parmesan di blog favorite saya ..maplespice.com, Masalahnya adalah ada salah satu bahan yang di Indonesia sulit sekali di temukan, atau boleh saya bilang tidak ada, dulu sekali saya pernah dapat 1 pak dari teman saya yang bawa dari luar negeri.
Setelah percobaan sana sini untuk mencari pengganti bahan ini, akhirnya tepat 4 bulan lalu saya bisa bikin Vegan Parmesan…rasanya nutty dan asin, mirip dengan Parmesan Cheese…

Ini foto saya ambil kemaren malam, makan malam kia ….Kia happy banget, salah satu comfort food buat dia…
Well happy daughter means happy mommy…

Berikut resepnya yah…

***Plain Spaghetti with Vegan Parmesan***
@emmarumawas@

>> Spaghetti:
– Rebus Spaghetti dengan sedikit Olive Oil sampai matang, angkat dan tiriskan. Lalu siram dengan air, sisihkan
– Tumis bawang putih dan bawang bombay yang di iris halus dengan Olive Oil , beri garam, merica, pala, gula, Italian Herbs/oregano
– Masukan Spagetinya, aduk rata sebentar
– Angkat dan taruh di piring, lalu taburi dengan Vegan Parmesan.

>>Vegan Parmesan:
– 2sdm bubuk almond – saya beli almond utuh lalu saya blender hingga menjadi bubuk, baru di sangrai. Di TBK kadang ada yang sudah ready bubuk di jual.
– 2sdm nutritional yeast – saya ganti dengan Khong Guan Cream Puff Creackers yang Plain – hancurkan dan haluskan sehingga menyerupai bubuk
– 1/4sdt garam
Campur semua bahan, ayak 2 kali, siap digunakan

Untuk penyimpanan sebaiknya disimpan di Tupperware.
Selamat mencoba.

