Brownies

brownies

#MorningBake

Brownies
adalah salah satu kue favorite di rumah
kue pertama yang bisa saya bikin dan jadi lalu bisa dimakan dan semua bilang enak pada saat saya remaja, bahkan “jaaauuuhhhhh” sebelum saya bisa masak yang lainnya… hehehehe

Buat saya yang dinamakan brownies adalah kue bantat, padat, chewy, fudgy dan nyoklat banget…bukan yang cakey atau bertekstur cake dan mengembang sempurna seperti yang belakangan beredar…itu untuk saya pribadi yah

brownies 2

Yang mau coba Brownies yang rasa dan teksturnya cukup original, berikut resepnya..

***Brownies***
@emmarumawas@

Bahan:
60gr butter
115gr Dark Chocolate Compound (DCC) – potong kecil kecil
75gr gula
25gr gula Palem / Brown Sugar
1.5btr telur (saya pakai – 1btr Telur +1btr kuning telur)
½ sdt vanilla bubuk
40gr tepung protein sedang
1sdm coklat bubuk – saya pakai van houten
1/8sdt garam (sedikit saja, biasanya saya ambil pakai tangan sedikit)
100gr choco chips

Cara:
*campur dan ayak : tepung, coklat bubuk, vanilla bubuk
*taruh di panci – butter, lalu cairkan di api sedang
*masukan DCC, aduk terus sampai menyatu, diamkan diatas api kecil selama 3-4 menit
*pindahkan ke wadah, campuran butter dan DCC – diamkan 5 menit sampai agak hangat
*masukan campuran gula pasir dan gula palem kedalam campuran butter dan DCC, aduk menggunakan whisker sampai rata
*masukan telur sedikit sedikit, aduk rata sampai lembut setiap habis memasukan telur
*kemudian masukan campuran tepung, masukan garam dan aduk balik dengan spatula sampai rata dan lembut
*masukan chocochips dan aduk rata
*tuangkan adonan ke loyang yang sudah di alasi alumunium foil kemudian diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis..
>>>Pasang alumunium dengan diberi kelebihan di sisi kanan dan kiri supaya dapat dengan mudah mengangkat kue setelah matang
*panggang di suhu 175C selama 30-35 menit ..di oven listrik kecil saya (kapasitas 19ltr) saya butuh waktu 32 menit
*lakukan tes tusuk, angkat bila sudah matang (biasanya sisi kue sudah agak terpisah dari pinggir loyang)
*keluarkan kue dan diamkan di cooling rack sekitar 30 menit…
*baru kemudian keluarkan kue dari loyang
*untuk pemotongan saya biasaya tunggu sekitar 1 jam supaya hasil potongan rapi..

brownies 3